Our Exlusive Blog

Ada Beberapa Pilihan Yang Baik Untuk Anda, Silahkan Menentukan Pilihan Yang Terbaik..

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image
Jika anda masih bingung pilih jasa Make Up Artist (MUA) atau pilih Jasa Perias Pengantin Profesional, sebelumnya perlu anda fahami beberapa hal ini.....

Pilih MUA atau Penata Rias Pengantin Profesional?



Pernikahan bisa dianggap satu momentum dalam kehidupan seseorang. Begitu pentingnya hingga menyita banyak fikiran dalam merencanakan, mempersiapkan sebelum kemudian melaksanakannya. Tidak ada yang diharapkan pada saat pernikahan selain kesempurnaan acara, kegembiraan, dan kebahagiaan buat semuanya.

Buat calon pengantin, bahwa suksesnya sebuah pernikahan bergantung tim yang mendukung jalannya acara. Termasuk diantaranya: Wedding Organizer/Panitia Keluarga, Penyedia Jasa Catering Pernikahan & Petugas Servis, Dekorasi bunga pelaminan, Rias/Busana, Musik & Entertain, Dokumentasi, dan MC. Jika anda pernah terlibat dalam kepanitiaan pernikahan sebelumnya paling tidak sudah memperoleh pengetahun dasar tentang pernikahan.

Sebenarnya, Anda tidak perlu terlibat hingga detail hingga tekhnis di lapangan karena sebagai calon pengantin, anda akan membutuhkan energi selama acara penting itu berlangsung, jadi cukup mengetahui rincian paket pernikahan, pengeluaran biaya yang dibutuhkan, selebihnya bisa didelegasikan kepada panitia dan wedding organizer.

Lebih baik anda konsern pada rias dan busana yang dipakai agar tampil menawan dan memukau semua orang. Menjadi fokus perhatian di hari H itu penting, bagi sebagian orang bahkan lebih penting dari yang lainnya. Tidak mungkin mengharapkan musik tampil bagus namun rias dan busana pengantin jauh dari ekspektasi. Ya, Tentu saja sentuhan penata rias itu utama.

Awali dengan mengumpulkan keterangan tentang penata rias pengantin, baik dari referensi teman maupun browsing, kumpulkan style yang anda pikir cocok bagi bentuk wajah anda. Jasa rias pengantin sudah lama akrab di telinga. Kini ada Make-up Artist (MUA). Tampaknya anda akan berhadapan dengan dua pilihan yang sulit:

Pake Jasa Perias Pengantin atau Jasa Make Up Artist?



Jika anda masih bingung apakah pilih jasa Make Up Artist (MUA) ataukah pilih Jasa Perias Pengantin Profesional, sebelumnya perlu anda fahami beberapa info penting sebelum menentukah pilihan.

Pengertian Make Up Artist.

Mengacu pada sumber Wikipedia:

A make-up or makeup artist (MUA) is an artist whose medium is the human body, applying makeup and prosthetics on others for theatre, television, film, fashion, magazines and other similar productions including all aspects of the modeling industry. Awards given for this profession in the entertainment industry include the Academy Award for Best Makeup and Hairstyling,[1] and entertainment industry awards such as the Emmy Awards,[2][3] and the Golden Globes.[4] In some countries professional licenses are required by agencies in order for them to hire the MUA. Bigger production companies[5] have in-house makeup artists on their payroll although most MUA's generally are freelance and their times remain flexible depending on the projects.


Make Up Artist adalah seniman profesional yang menggunakan kulit, terutama wajah, sebagai medium karyanya dan produk makeup sebagai alatnya. Make Up Artist bisa memiliki fokus yang berbeda-beda, misalnya riasan untuk pengantin dan acara formal lainnya, rias tradisional dan adat, face and body painting, atau special effect seperti yang biasa digunakan pada film-film fiksi.

MUA berperan mengubah penampilan klien menggunakan bahan dan peralatan kosmetik. Seorang MUA harus menguasai berbagai teknik merias, seperti shading, contouring, blending, tightline, dan lainnya. Teknik merias diperlukan agar bisa memenuhi ekspektasi klien. Pekerjaan ini juga membutuhkan cita rasa dan kepekaan untuk memilih gaya yang akan menjadi tren. Seorang MUA profesional biasanya punya ciri khas dalam goresan yang dilukiskan di wajah klien, sehingga riasan yang ditampilkan berkarakter. Sumber: https://journal.sociolla.com/bjglossary/make-up-artist/

Penata Rias Pengantin.

Tata rias pengantin adalah suatu kegiatan tata rias wajah pada pengantin yang bertujuan untuk menonjolkan kelebihan yang ada dan menutupi kekurangan wajah pengantin dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Selain berfokus pada tata rias wajah juga sangat memperhatikan tata rias rambut, keserasian busana dan serta aksesorisnya, yang tiap-tiap bagian riasan tersebut mengandung sebuah arti atau makna yang tertentu sebagai pengungkapan pesan-pesan hidup yang hendak disampaikan oleh kedua mempelai. Jasa Penata Rias Pengantin terkait erat dengan tata busana pengantin, panitia dan keluarga dan biasanya tergabung dalam Paket Pernikahan Lengkap dari jasa Wedding Planner.

Istilah Rias Pengantin adalah padanan kata Make Up Artist tetapi lebih spesifik pada acara pernikahan. Pekerjaan yang sama yang khusus dilakukan pada acara pernikahan. Seorang penyedia jasa rias pengantin melakukan praktek rias di sanggar rias milik mereka untuk kebutuhan lainnya seperti acara wisuda, acara gathering dll.

Apa Yang Ditawarkan dan Apa Yang Kamu Butuhkan?

Zamannya sudah berbeda, kini calon pengantin tidak cukup hanya dengan sentuhan bedak dan gincu merah. Calon pengantin sudah jeli dengan gaya make up dan akan selalu berubah mengikuti trend. Model make up 2 tahun lalu dianggap jadul, apa yang saat ini sedang hit akan ditinggalkan dalam satu atau dua tahun kedepan. Patut digaris bawahi, yang paling didepan dalam perubahan seni tata rias adalah profesi Make Up Artist. Di dalam dunia yang kini terhubung dalam sosial media, update mengenai model rias terbaru semakin cepat berubah dan semakin massif.

Tapi adat istiadat memiliki pakem. Sifatnya statis, baku. Jika anda ingin menikah dibalut adat tradisional, banyak yang harus dipatuhi, termasuk dalam cara berbusana dan model make up yang dikenakan. Bahkan di dalam adat tertentu terdapat moral. Anda mungkin saja diberi pilihan, menikah dengan cara adat atau menikah dengan gaya non adat (tidak ada kombinasi dari keduanya).

Profesi Make Up Artist bisa sukses dengan belajar mandiri, MUA biasanya juga belajar mengenai hairdo dan melakukan self development dalam mengembangkan skill riasnya. Mereka dituntut berani dalam mengaplikasikan ilmunya. Meski tak mengenyam pendidikan formal mengenai tata rias.

Namun Penata Rias Pengantin Profesional memiliki sertifikasi. Penata Rias Pengantin terlebih dahulu ikut pelatihan, jika sudah memiliki sertifikat dari tempat sekolah dan PKL, baru bisa membuka jasa rias pengantin. Perias pengantin itu belajar bertahun-tahun untuk benar-benar bisa menguasai rias pengantin tradisional. Tidak hanya belajar merias wajah, tetapi juga membentuk alis, menata rambut, mencukur rambut, membuat paes, mengenal corak busana dan cara mengenakannya, dan sebagainya. Perias Pengantin belajar banyak tradisi, jadi mereka mengetahui perbedaan secara rinci: misalnya perbedaan pengantin Solo dan Jogja, Adat Jawa dan Sunda, Sunting Minang Kabau, Busana adat Tapanuli dll. Itu semua bisa didapatkan dengan belajar bersama mentor, tidak bisa otodidak.

Ilustrasi Skill MUA dan Penata Rias Pengantin Profesional.

Skill / Pengetahuan Make Up Artist

Seni Make Up Modern:
Make Up Tradisional:.
Pakem Busana Adat:
Busana Internasional:
Aksesoris Adat:
Aksesoris Internasional:

Skill Penata Rias Pengantin Profesional

Seni Make Up Modern:
Make Up Tradisional:
Pakem Busana Adat:
Busana Internasional:
Aksesoris Adat:
Aksesoris Internasional:

Skenario Yang Bisa Anda Terapkan.

Jika Anda Menyewa Jasa Make Up Artist


  1. Jika Anda sudah cocok dengan jasa Make Up Artist langganan anda, jangan merasa aman dulu. Harus anda sadari sebelum anda menuju ruang akad, resepsi atau memulai acara adat, tidak hanya make up yang dibutuhkan. Karena itu pastikan apakah sudah ada orang yang menangani busana anda, termasuk busana orang tua dan panitia.
  2. Jika anda menggelar upacara adat, Pastikan penampilan anda sudah layak dengan menanyakan pada tokoh adat yang hadir diantara keluarga anda.
  3. Jika anda menikah dengan tema internasional, akan lebih mudah bagi anda, karena hanya mengikuti protokoler. Mengenai busana dan Make Up hanya perlu penyesuaannya saja. Tetapi jika anda memilih tema adat tradisional, akan lebih nyaman jika salah seorang baik dari tim wedding organizer maupun dari panitia, orang yang mendampingi anda, dan bisa mengingatkan bagaimana seharusnya berbusana, mengenakan aksesoris, dan penampilan anda keseluruhan.
  4. Kordinasi dengan MC sangat diperlukan dalam menyamakan pemahaman.

Jika Anda Menyewa Jasa Perias Pengantin Profesional.

  1. Jika anda menyewa Jasa Perias Pengantin Profesional, pastikan apakah mereka bisa menata rias penampilan anda seperti yang anda inginkan. Berikan beberapa foto dan bicarakan segala kemungkinan. Tanyakan juga apakah mereka pernah melakukan sebelumnya dan minta beberapa foto koleksi mereka.
  2. Bicarakan apakah gaya make up tersebut cocok dengan tema pernikahan. Termasuk dalam hal ini penyesuaian warna, model gaun/busana pengantin.
  3. Jika anda mengadakan resepsi dengan tema internasional, pastikan penata rias anda berpengalaman.
  4. Jika anda menikah dengan adat, jangan terlalu kuatir banyak hal, karena mereka sudah biasa melakukannya.
  5. Berencana mengadakan pernikahan di rumah dengan budget minim, pilih Paket Rias Pengantin

Kesimpulan.

Tampil menawan dalam acara pernikahan merupakan prioritas, namun lebih dari itu yang dibutuhkan adalah tampil sempurna dalam segala aspek estetika dan adat istiadat. Untuk memperoleh hasi maksimal hanya bisa dilakukan secara menyeluruh, jadi calon pengantin tidak hanya membutuhkan penata Make Up, tetapi juga penata busana, pengetahuan tentang tata cara melaksanakan pernikahan, dan dukungan moral. Di dalam ruang rias, yang dibutuhkan itu satu tim yang utuh dan mau bekerja sama dalam menangani dan menyelesaikan rias pengantin, rias keluarga, panitia, bridesmaid & groom.

Jika sebelumnya anda masih bingung Pilih MUA atau Penata Rias Pengantin Profesional? Kini anda tahu pada akhirnya yang dibutuhkan tidak hanya MUA kesukaan anda, atau Penata Rias Profesional, karena anda butuh kedua aspek itu dalam waktu dan tempat yang sama.

Useful Resources:



Angelique S

I work as a web publisher for @dewiswedding. We specialize in wedding services and wedding equipment rental in Jakarta, Indonesia, providing a variety of wedding packages in Jakarta for weddings of all kinds and budgets. Whatever your dream wedding is, our experienced and friendly wedding planners will assist you in making it a reality.