Our Exlusive Blog

Ada Beberapa Pilihan Yang Baik Untuk Anda, Silahkan Menentukan Pilihan Yang Terbaik..

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image
Tiap perusahaan catering pernikahan dan acara di jakarta memiliki menu andalan sendiri-sendiri, namun khususnya pada masakan sop, 4 jenis soup tersebut di atas adalah menu favorit kami.....

4 Jenis Soup Menu Andalan Favorit Dalam Catering Pernikahan.





Apapun jenis acara yang akan anda lakkan, baik itu jamuan makan malam formal, pengajian di rumah yang hemat biaya atau sekadar perayaan sweet 17, hingga acara yang sangat penting: resepsi pernikah, menikmati menu hidangan catering adalah bagian paling sosial dari sebuah acara. Anda tidak akan membuat tamu anda kecewa dengan pilihan menu yang tidak umum, dan kecewa dengan salah pilih menu masakan.

Kali ini mengenai masakan olahan dalam Soup. Anda bisa mempertimbangkan satu atau dua menu favorit olahan Soup dalam menu prasmanan anda lengkap dengan bahan-bahan dan cara memasaknya:

1. Soup Kimlo.

Meski terlihat seperti sup sayuran, sajian ini punya isian yang jadi ciri khasnya yaitu ayam suwir, soun, wortel, jamur kuping, sedap malam, dan kapri. Jika anda punya sisa kuah kaldu, tak ada salahnya anda coba ‘sulap’ menu favorit catering pernikahan di rumah anda.


Bahan-bahan u/ 5 porsi:

  1. Dada ayam - 1/2 ekor
  2. Kaldu ayam - 1,5 liter
  3. Bakso ikan - 15 butir
  4. Wortel, iris tebal - 2 buah
  5. Jamur kuping, iris - 70 gram
  6. Bunga sedap malam, buang putiknya - 25 gram
  7. Soun, rendam hingga lembut - 50 gram
  8. Daun bawang, iris - 2 batang
  9. Seledri, ikat - 1 batang
  10. Garam - 1 sdt
  11. Merica - 1/4 sdt
  12. Kaldu bubuk - 1/4 sdt
  13. Minyak, untuk menumis - secukupnya

Bumbu Halus:

  1. Bawang putih - 2 siung
  2. Bawang merah - 4 butir

Langkah-langkah:

  1. Rebus dada ayam hingga empuk dan matang. Sisihkan air kaldunya sebanyak 1,5 liter. Tiriskan ayam lalu suwir-suwir. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Sisihkan.
  3. Dalam panci, panaskan air kaldu hingga mendidih.
  4. Masukkan daun bawang, seledri, wortel, dan bakso ikan. Masak hingga wortel agak empuk.
  5. Masukkan tumisan bumbu halus. Aduk rata.
  6. Masukkan suwiran ayam, jamur kuping, bunga sedap malam, dan soun. Aduk rata.
  7. Bumbui dengan garam, merica, dan kaldu bubuk. Aduk dan masak hingga mendidih. Koreksi rasanya. Angkat.
  8. Siap disajikan.

Tips:

  1. Kaldu ayam bisa menggunakan ayam kampung agar lebih gurih.
  2. Bakso ikan bisa diganti dengan bakso daging atau bola-bola daging giling.

2. Sop Ayam Bakso

Sop adalah salah satu masakan yang paling sering tersaji di meja makan rumah anda. Supaya tidak bosan, anda bisa mengkreasikan bahan isiannya seperti daging ayam fillet dan bakso sapi untuk sumber hewani, kemudian kentang, jagung pipil, dan makaroni untuk sayuran sumber karbohidrat: soup ayam bakso.

Bahan-bahan u/ 10 porsi:

  1. Dada Ayam, potong dadu1 potong
  2. bakso sapi 10 buah
  3. Wortel 4 buah
  4. Kol 1/4 kg.
  5. buncis 6 buah
  6. Kentang 1 buah
  7. Daun bawang 2 buah
  8. Daun Seledri 1 buah.

Bumbu-bumbu:

  1. Tomat, potong- potong 1 buah
  2. bawang merah, Iris tipis 5 siung
  3. bawang putih, Iris tipis 3 siung
  4. Jahe ukuran setengah kelingking 1 ruas
  5. Pala 1/4 biji
  6. sendok Makan Lada bubuk 1/2
  7. Penyedap rasa non MSG 1/4 sendok teh
  8. Garam secukupnya
  9. Bawang goreng 1 sendok makan

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih semua bahan Dan bumbu
  2. Sayur Sop Ayam Bakso langkah memasak 1 foto
  3. Rebus air, kemudia masukan potongan Dada Ayam, Serta Jahe Dan Daun salam
  4. Sayur Sop Ayam Bakso langkah memasak 2 foto
  5. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukan bawang merah tumis kembali Dan masukan biji Pala tumis hingga harum, kemudian masukan tumisan bumbu yang sudah matang kedalam panci rebusan ayam
  6. Sayur Sop Ayam Bakso langkah memasak 3 foto
  7. Kemudian masukan sayuran, Daun bawang Dan seledri kemudian bakso yang sudah diiris, aduk rata masukan Lada bubuk, garam, Penyedap rasa, aduk rata, rebus hingga mendidih Dan wortel sudah empuk
  8. Sayur Sop Ayam Bakso langkah memasak 4 foto
  9. Cek rasa apakah rasanya sudah pas dan terakhir taburi bawang goreng diatasnya siap disajikan.

3. Sop Buntut

Bikin sop buntut terlihat mudah. Tak sekedar merebus buntut sapi tapi ada beberapa trik agar buntut sapi seenak bikinan koki catering profesional.

Sambil iseng dan ada waktu senggang di rumah, coba saja bikin sendiri. Membuat sop buntut gampang, asalkan Anda perhatikan beberapa hal ini.

Bahan-bahan u/ 4 porsi:

  1. buntut sapi, potong sesuai selera 800 g
  2. air 3 L
  3. wortel 150 g , kupas, potong bulat 2 cm
  4. kentang 150 g , kupas, potong kotak
  5. 1?2 sdt pala bubuk
  6. kayu manis 3 cm
  7. cengkih 2 butir
  8. garam 2 1/2 sdm
  9. merica putih bubuk 1 sdt
  10. gula pasir 1?2 sdt
  11. daun bawang 2 batang , potong 1 cm
  12. minyak sayur 3 sdm , untuk menumis

Bumbu-bumbu:

  1. bawang merah 8 butir
  2. bawang putih 6 siung
  3. marica putih butiran 1/2 sdt

Pelengkap:

  • kecap manis 3 sdm , aduk rata dengan 2 cabai rawit merah iris 3 sdm bawang merah goreng, untuk taburan 2 buah tomat, potong

Langkah-langkah:

  1. Buntut sapi ukuran selalu tak sama besar mengikuti bentuk ekor sapi. Pangkalnya besar dengan tulang lebih banyak, kemudian bagian tengah berdaging dan ujungnya hanya tulang saja. Kalau membeli di pasar swalayan pilih buntut bagian tengah yang ukurannya sama dan cukup berdaging.Pilih yang tak terlalu tebal lemaknya. Jika lemaknya tebal, bisa dipotong atau dikikis sebelum direbus.
  2. Didihkan air secukupnya dalam panci besar dengan api sedang. Pastikan air cukup banyak merendam buntut. Setelah mendidih, masukkan potongan buntut sapi dan kecilkan api. Setelah mendidih, buang air perebusnya dan ganti dengan air panas hingga merendam buntut. Rebus dengan api kecil hingga buih halus keluar dari kaldu. Angkat buih ini hingga kaldu bening. Lanjutkan merebus tetap dengan api kecil
  3. Untuk membuat aroma sop buntut menjadi harum, siapkan bawang bombay yang diiris kasar, bawang putih yang dimemarkan dan daun bawang yang diiris kasar. Panaskan mentega (bukan margarin) secukupnya lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi dan layu.

    Angkat lalu masukkan ke dalam rebusan buntut berikut menteganya. Jangan terlalu banyak memakai mentega karena akan membuat sop jadi berminyak. Sisihkan daun bawang untuk dimasukkan terakhir saat sop sudah matang.
  4. Setelah daging buntut hampir empuk, bumbui dengan garam, merica bubuk dan pala bubuk. Jika bisa gunakan biji pala yang diparut saat akan dimasukkan ke dalam sop agar aromanya lebih wangi. Beberapa orang menambahkan cengkih, jika tak suka aroma cengkih, tak perlu dipakai. Rebus dengan api kecil hingga bumbu meresap.
  5. Isian sop buntut bisa ditambahkan sayuran. Seperti wortel, kentang, dan tomat. Untuk wortel dan kentang bisa dimasukkan setelah daging buntut lunak dan rebus hingga lunak. Untuk tomat dan daun bawang, masukkan saat semuanya sudah matang agar tomat tak terlalu lonyot dan tetap renyah saat dimakan.
  6. Pastikan dagingnya nyaris lepas dari tulangnya dan jika dipotong dengan sendok terasa lunak. Untuk variasi, bisa saja bunut digoreng atau dibakar dan kaldu dan sayurannya disajikan terpisah. Jangan lupa selalu sajikan panas dengan taburan bawang merah goreng, air jeruk nipis dan sambal rawi

4. Sop Daging Bakso

Soup daging bakso merupakan menu favorit di banyak catering di jakarta, tidak hanya untuk acara pernikahan, termasuk catering pengajian, ulang tahun, gathering dan lain-lain. Kangen menu prasmanan dengan sop daging baso, sambil iseng silahkan coba resep berikut ini:

Bahan-bahan:

  1. daging sapi 1/4 kg + tetelan sapi
  2. bawang putih 6 siung
  3. lada secukupnya
  4. garam secukupnya
  5. gula secukupnya
  6. bumbu penyedap rasa sapi secukupnya
  7. pala secukupnya
  8. wortel 1 buah & kentang
  9. seledri secukupnya daun bawang
  10. bawang goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih daging & tetelan sapi, kemudian rebus dengan air secukupnya supaya empuk.
  2. Sambil menunggu dagingnya empuk, ulek lada, pala, dan garam sampai halus, kemudian tumis sampai harum.
  3. Cek daging dan tetelan,klo udh empuk, angkat & potong" dagingnya, stelah itu masukkan kedalam panci yg berisikan sisaan aer kaldu daging sapinya,kemudisn tambhkan juga bumbu yg sudah ditumis tadi kdalam panci trsebut. Tambahkan air secukupnya
  4. Bilaa sudah mendidih, masukkan potongan wortel kentang dan bakso, tambahkan daun bawang seledri.



Akhir Kata.

Disebut menu favorit berdasarkan feed back dari konsumen yang telah mencicipi masakan. Semakin sering dibicarakan cita rasa dari menu prasmanan secara spesifik dalam artian positif memberitahu bahwa menu itulah yang disebut menu favorit. Tiap perusahaan catering pernikahan dan acara di jakarta memiliki menu andalan sendiri-sendiri, namun khususnya pada masakan sop, 4 jenis soup tersebut di atas adalah menu catering favorit kami.

Useful Resources:



Angelique S

I work as a web publisher for @dewiswedding. We specialize in wedding services and wedding equipment rental in Jakarta, Indonesia, providing a variety of wedding packages in Jakarta for weddings of all kinds and budgets. Whatever your dream wedding is, our experienced and friendly wedding planners will assist you in making it a reality.