Our Exlusive Blog

Ada Beberapa Pilihan Yang Baik Untuk Anda, Silahkan Menentukan Pilihan Yang Terbaik..

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image
Untuk menikmati santap buka puasa dan menu sahur di tahun ini, ada beberapa Menu Takjil yang menyehatkan, sederhana dan mudah dibuat sendiri di rumah.....

Mudah Membuatnya, 3 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Praktis dan Menyehatkan

menu bukber
“Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (muttafaq ‘alaihi)


Apapun menu favorit kamu atau di tempat mana anda menikmatinya, ada perbedaan menyantap menu masakan terbaik pada hari-hari biasa dengan menyantap menu buka puasa pada bulan ramadhan, meskipun sama-sama nikmat rasanya, namun nikmatnya terasa luar biasa di saat berbuka puasa. Kenikmatan berbuka puasa hanya bisa dialami oleh orang yang berpuasa, dan ini sungguh hebat.
Dalam sunnah lain, perlu diingat sebelum mengkonsumsi makanan berat untuk mengawalinya denan memakan kurma 3 biji, tentunya ini sejalan dengan kesehatan tubuh.

Menu Bukber Yang Bisa Anda Praktekkan.

Untuk menikmati santap buka puasa tahun ini, ada beberapa Menu Takjil yang bisa anda buat sendiri, menu buka puasa sederhana yang bisa di praktekkan di rumah. Suatu saat anda mungkin memiliki selera sendiri atau bisa jadi anggota keluarga menginginkan menu khusus untuk santap buka puasa, tidak ada salahnya membuat menu bukber sendiri. Karena selain anda bisa mengontrol kualitas bahan masakan, faktor hiegenis, dan rasanya, waktu luang anda akan terasa bermanfaat sekali dengan aktifitas memasak di dapur anda.

Tiga Menu Buka Puasa Yang Menggugah Selera Anda.

1. Kolak Pisang Kolang-kaling.


Paduan pisang dan kolang-kalingnya tidak hanya lezat namun keduanya memiliki khasiat yang bagus untuk pencernaan. Bagaimana cara membuatnya? Berikut resep dan langkahnya.

Bahan yang digunakan:

1. Kolang-kaling 100 gram yang telah dipotong 2
2. Pisang 3 buah yang telah dipotong
3. Santan kelapa 250cc
4. Daun pandan 2 lembar
5. Gula merah ¼ ons
6. Gula pasir 2 sdm
7. Ubi merah 100gr
8. Vanila dan garam secukupnya


Cara membuat

Siapkan kompor dan panci kemudian masukkan santan, gula merah, vanilla, pandan dan garam, lalu didihkan.
Aduk perlahan dan masukkan ubi merah, pisang dan kolang-kaling.
Aduk hingga matang, angkat dan sajikan.


2. Menu Buka Puasa Rolade Tahu


Pilihan lain untuk buka puasa adalah Rolade tahu.  Berikut resepnya!

Bahan-bahan:

1. Kulit rolade (telur 3 butir dan garam ¼sdt)
2. tahu cina 1 buah
3. daun bawang 1 batang
4. telur 1 butir
5. Minyak wijen, garam dan merica secukupnya

Cara Membuat:

Kulit: Campurkan semua bahan kulit. Panaskan wajan dan dadar adonan kulit hingga habis kemudian sisihkan.
Isi : Tahu cina dihaluskan dan dicampur dengan irisan bawang putih dan daun bawang. Aduk rata.
Ambil aluminium foil dan letakkan kulit diatasnya. Ambil adonan secukupnya lalu ratakan. Gulung Adonan
Kemudian kukus. Setelah matang, angkat dan sajikan.

3. Menu Buka Puasa untuk Diet


Puasa tidak menjadi penghalang seseorang untuk diet. Berikut ini beberapa menu wajib yang harus dikonsumsi selama berpuasa oleh mereka yang tengah menjalani diet.

  • Konsumsi air putih
    Ketika puasa tubuh kehilangan banyak cairan, konsumsilah air yang cukup baik saat berbuka maupun sahur.
  • Buah-buahan.
    Ketika berbuka puasa, pastikan kurma menjadi teman setiamu. Konsumsilah 3 buah kurma saat berbuka untuk mengembalikan energi. Sementara saat sahur kamu bisa mengonsumsi kurma sebanyak 7 buah ditambah dengan buah lainnya.
  • Salad sayur/buah atau jus tanpa gula
    Menu ini menjadi menu efektif memasok zat besi dalam tubuh sehingga kamu bisa lebih bugar meskipun sedang dalam program menjalankan diet saat berpuasa. Tidak hanya itu, menu ini juga sangat baik untuk pencernaan.
  • Karbohidrat komplek
    Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat komplek untuk buka dan sahur. Selain itu hindari mengonsumsi gula buatan, karena ini mengakibatkan cepat lapar.
  • Hindari Gorengan
    Pilihlah menu makanan yang tidak digoreng. Makanan yang digoreng tidak hanya memiliki lemak yang banyak namun kurang baik untuk kesehatan.

Useful Resources:



Angelique S

I work as a web publisher for @dewiswedding. We specialize in wedding services and wedding equipment rental in Jakarta, Indonesia, providing a variety of wedding packages in Jakarta for weddings of all kinds and budgets. Whatever your dream wedding is, our experienced and friendly wedding planners will assist you in making it a reality.